29 Juni 2012

contoh soal - soal guru kopetensi


contoh : Test Kompetensi Guru IPS SMP, Soal Uji Kompetensi Guru IPS SMP
Test Kompetensi Guru IPS SMP, Soal Uji Kompetensi Guru IPS SMP
1. Jelaskan fungsi dan peranan peta dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Jelaskan pula makna kata “dipilih” yang terkandung dalam peta.
2. Jelaskan kegunaan skala peta bagi para pengguna peta.
3. Mengapa antara judul peta dan isi peta harus sama?
4. Jelaskan mengapa atlas merupakan suatu buku acuan, apa kebaikan dan kelemahan atlas?
5. Bagaimana cara mengukur skala globe? Lakukan pengukuran dengan menggunakan benang jarak antara dua tempat pada Globe, berapakah jarak sebenarnya dari dua tempat tersebut?
6. Apakah kegunaan peta sebagai media pembelajaran?
7. Apakah yang disebut peta umum dan peta tematik itu?
8. Apakah kegunaan Globe itu?
9. Jelaskan semboyan kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia
10. Jelaskan kegiatan VOC di Indonesoa bagian Timur, bagaimana pula kegiatan di Jawa Jelaskan pemerintah kolonial berusaha merombak tatanan politik kerajaan- kerajaan pribumi
11. Jelaskan jasa-jasa Rafles selama berkuasa di Indonesia pula kegiatan di Jawa Terangkan Pengaruh Tanam Paksa bagi masyarakat pribumi
12. Jelaskan pengertian dari interaksi sosial!
13. Jelaskan syarat-syarat terjadinya interasi sosial!
14. Berikan contoh bentuk-bentuk interaksi sosial yang anda ketahui!
15. Uraikan definisi apa yang anda ketahui tentang struktur sosial!
16. Jelaskan ciri-ciri dari struktur sosial!
17. Berikan contoh dari fungsi struktur sosial yang anda ketahui!
18. Uraikan definisi dari sosialisasi!
19. Jelaskan bentuk-bentuk sosialisasi yang anda ketahui!
20. Berikan contoh bentuk-bentuk sosialisasi yang pernah anda alami!
21. Uraikan definisi dari kebudayaan
22. Jelaskan fungsi kebudayaan bagi manusia!
23. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang gerak kebudayaan!
24. Apa yang anda ketahui tentang perubahan sosial dan budaya
25. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial dan Budaya
26. Jelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya yang anda ketahui!


TANYA JAWAB SOAL UJI KOMPETENSI SOSIAL

1.       Apa yang dimaksud dengan kompetensi sosial seorang guru?
Jawab : Kompetensi sosial seoang guru adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan beinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
2.       Apa saja cakupan kompetensi sosial seorang guru?
Jawab : Kompetensi sosial seoang guru meliputi :
(1)    Berkomunikasi lisan, tulisan, dan / atau isyarat.
(2)    Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional,
(3)    Begaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua/wali peserta didik,
(4)    Begaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku, dan
(5)    Menerapkan pinsip-prinsip persaudaraan dan semangat kebersamaan.
3.       Selain seorang guru dituntut untuk menguasasi bidang ilmu yang di tempuhnya, apa tugas penting seorang guru terkait dengan kompetensi sosialnya?
Jawab : Seorang guru dituntut tidak hanya pandai menguasai bidang ilmu yang di tempuhnya, tapi juga mengajarkan ilmunya kepada siswa-siswinya di sekolah dan juga menerapkannya pada masyarakat sehingga tecopta masyarakat yang madani.
4.       Apa saja kompetensi yang harus dimiliki oleh seoang guru untuk dapat melaksanakan peran sosial kemasyarakatannya?
Jawab : Untuk dapat melaksanakan peran sosial kemasyarakatan, guu harus memiliki kompetensi dalam hal sebagai berikut:
(1)    Aspek normatif kependidikan, yaitu untuk menjadi guru yang baik tidak cukup digantungkan kepada bakat, kecerdasan, dan kecakapan saja, tetapi juga harus beritikad baik sehingga hal ini bertautan norma yang dijadikan landasan dalam melaksanakan tugasnya,
(2)    Pertimbangan sebelum memilih jabatan guru,
(3)    Mempunyai program yang menjurus untuk meningkatkan kemajuan masyarakat dan kemajuan pendidikan.
5.       Apa indikator yang menceminkan kompetensi sosial guru menurut Arikunto?
Jawab : menurut Arikunto, kompetensi sosial guru tercermin melalui indikator sebagai berikut :
(1). Interaksi guru dengan siswa
(2). Interaksi guru dengan kepala sekolah
(3). Interaksi guru dengan rekan kerja
(4). Interaksi guru dengan orang tua siswa
(5). Interaksi guru dengan masyarakat

6.        Apa indikator yang menceminkan kompetensi sosial guru menurut Irwan Nasution dan Amiruddin Siahaan?
Jawab : indikator yang digunakan oleh Irwan Nasution dan Amiruddin Siahaan mengenai kompetensi sosial seorang guru, yaitu :
(1). Berkomunikasi lisan, tulisan, dan isyarat
(2). Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
(3). Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua/wali peserta didik, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku
(4). Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan
         7.  Posisi  strategis seorang guru tidak hanya bermakna pasif, justru bermakna Aktif Progresif.        Apa maksud dari aktif progresif tersebut?
Jawab : Posisi strategis seorang guru tidak hanya bermakna pasif, justru harus bermakna Aftif Progresif, yang artinya, guru harus bergerak memberdayakan masyarakat menuju kualitas hidup yang baik dan sempurna (perpect) di segala aspek kehidupan, khususnya pengetahuan moralitas, sosial, budaya, dan ekonomi kerakyatan.
8.Apa saja peran penting guru di tengah masyarakat?
Jawab : Guru memiliki beberapa peran penting di tengah masyarakat antara lain ;
(1). Pendidik
(2). Penggerak Potensi
(3). Pengatur Irama
(4). Penengah Konflik
(5). Pemimpin Kultural
9. peran dan fungsi seorang guru tidak mungkin lepas dari kondisi sosial di masyarakat yang sifatnya kompleks.  Apa saja peran dan fungsi seorang guru?
Jawab :  Posisi guru tidak mungkin lepas dari kondisi sosial di masyarakat yang sifatnya kompleks. Untuk itu peran dan fungsi guru adalah sebagai berikut :
(1). Motivator dan Inovator dalam Pembangunan Pendidikan
(2). Perintis dan Pelopor Pendidikan
(3). Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pengetahuan
(4). Pengabdian
10. Apa jenis-jenis kompetensi sosial yang harus dimiliki guru menurut Cece Wijaya? Jelaskan dan berilah ilustrasi masing-masing jenis kompetensi sosial tersebut!
Jawab : jenis-jenis kompetensi sosial yang harus dimiliki guru menurut cece Wijaya adalah sebagai berikut :
(1). Terampil Berkomunikasi dengan Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik
(2). Bersikap Simpatik                                        
(3). Dapat bekerja sama dengan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah
(4). Pandai Begaul dengan Kawan Sekerja dan Mitra pendidikan
(5). Memahami Dunia Sekitarnya (Lingkungannya)
TANYA JAWAB SOAL UJI KOMPETENSI KEPRIBADIAN
1.       Apa  yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian seorang guru
Jawab : Kompetensi kepribadian seorang guru adalah kompetensi yang berkaitan dengan perilaku pribadi guru itu sendiri yang kelak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari.
2.       Apa saja karakteristik kepribadian seorang yang berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menggeluti profesinya?
Jawab : Karakteristik kepribadian yang berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menggeluti profesinya adalah fleksibilitas kognitif dan keterbukaan psikologis.
3.       Apa saja cakupan kompetensi kepribadian guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian guru mencakup : sikap (attitude), nilai-nilai (value) kepribadian (personality) sebagai elemen perilaku (behaviour) dalam kaitannya dengan perfomance yang ideal sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilandasi oleh latar belakang pendidikan, serta legalitas kewenangan mengajar.
4.       Apa pengaruh besar karakteristik kepribadian seorang guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar?
Jawab :  Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia.
5.       Apa saja cakupan kompetensi kepribadian menurut Gumelar dan Dahyat?
Jawab :  Gumelar dan Dahyat mengemukakan bahwa kompetensi kepribadian meliputi
(1). Pengetahuan tentang adat istiadat baik sosial maupun agama,
(2). Pengetahuan tentang budaya dan tradisi,
(3). Pengetahuan tentang inti demokrasi,
(4). Pengetahuan tentang estetika,
(5). Memiliki apresiasi  dan kesadaran sosial,
(6). Memiliki sikap yang benar terhadap pengetahuan dan pekerjaan,
(7). Setia terhadap harkat dan martabat manusia.
6.  apa saja kemampuan pesonal guru menurut  Johnson (sebagaimana yang dikutip Anwar)?
Jawab : Johnson, sebagaimana dikutip Anwar, mengemukakan bahwa kemampuan personal guru mencakup :
(1). Penampilan sikap yang positif terhadap keseluuhan tugasnya sebagai guru, dan terhadap keseluruhan situasi pendidikan  beserta unsur-unsurnya,
(2). Pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai-nilai yang seyogianya dianut seorang guru,
(3). Kepribadian, nilai, sikap hidup ditampilkan dalam upaya untuk menjadikan dirinya sebagai panutan dan teladan bagi para siswanya.
7.  Apa indikator yang mencerminkan kompetensi kepribadian seorang guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian guru tercermin dari indikator (1). Sikap, dan (2). Keteladanan
8.       Apa fungsi kompetensi kepribadian guru?
Jawab : Fungsi kompetensi kepribadian guru adalah memberikan bimbingan dan suri teladan, secara bersama-sama mengembangkan kreativitas dan mengembangkitkan motif belajar serta dorongan untuk maju kepada anak didik.
9.       Sebutkan tiga cerminan pribadi yang harus dimiliki seorang guru untuk meningkatkan kompetensi kepribadiannya?
Jawab : Untuk meningkatkan kompetensi, guru dituntut untuk menatap dirinya dan memahami konsep dirinya. Seorang guru harus mampu berkaca pada dirinya sendiri, bila ia berkaca ia akan melihat bukan satu  pribadi, tetapi ada tiga pribadi yaitu :
(1). Saya dengan konsep diri saya (self concept)
(2). Saya dengan ide saya (self idea)
(3). Saya dengan realita diri saya (self reality)
10. Apa saja kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru antara lain :
(1). Guru sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa berkewajiban untuk meningkatkan iman dan ketakwaannya kepada Tuhan, sejalan dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Dalam hal ini guru mesti beragama dan taat dalam menjalankan ibadahnya.
(2). Guru memiliki kelebihan dibandingkan yang lain. Oleh karena itu perlu di kembangkan rasa percaya pada diri sendiri dan tanggung jawab bahwa ia memiliki potensi yang besar dalam bidang keguruan dan mampu untuk menyelesaaikan berbagai persoalan yang di hadapinya.
(3). Guru senantiasa berhadapan dengan  komunitas yang berbeda dan beragam keunikan dari peserta didik dan masyarakatnya maka guru perlu untuk mengembangkan sikap tenggang rasa dan toleransi dalam menyikapi perbedaan yang ditemuinya dalam berinteraksi dengan peserta didik maupun masyarakat.
(4). Guru diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam menumbuh kembangkan budaya berfikir kritis di masyarakat, saling menerima dalam perbedaan pendapat dan menyepakatinya untuk mencapai tujuan bersama maka dituntut seorang untuk bersikap demokratis dalam menyampaikan dan menerima gagasan-gagasan mengenai permasalahan yang ada di sekitarnya sehingga guru menjadi terbuka dan tidak menutup diri dari hal-hal yang berada dilur dirinya.
(5). Guru mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan pembaharuan, baik dalam bidang profesinya maupun dalam spesialisnya.


TANYA JAWAB SOAL UJI KOMPETENSI KEPRIBADIAN

1.       Apa  yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian seorang guru
Jawab : Kompetensi kepribadian seorang guru adalah kompetensi yang berkaitan dengan perilaku pribadi guru itu sendiri yang kelak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari.
2.       Apa saja karakteristik kepribadian seorang yang berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menggeluti profesinya?
Jawab : Karakteristik kepribadian yang berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menggeluti profesinya adalah fleksibilitas kognitif dan keterbukaan psikologis.
3.       Apa saja cakupan kompetensi kepribadian guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian guru mencakup : sikap (attitude), nilai-nilai (value) kepribadian (personality) sebagai elemen perilaku (behaviour) dalam kaitannya dengan perfomance yang ideal sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilandasi oleh latar belakang pendidikan, serta legalitas kewenangan mengajar.
4.       Apa pengaruh besar karakteristik kepribadian seorang guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar?
Jawab :  Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia.
5.       Apa saja cakupan kompetensi kepribadian menurut Gumelar dan Dahyat?
Jawab :  Gumelar dan Dahyat mengemukakan bahwa kompetensi kepribadian meliputi
(1). Pengetahuan tentang adat istiadat baik sosial maupun agama,
(2). Pengetahuan tentang budaya dan tradisi,
(3). Pengetahuan tentang inti demokrasi,
(4). Pengetahuan tentang estetika,
(5). Memiliki apresiasi  dan kesadaran sosial,
(6). Memiliki sikap yang benar terhadap pengetahuan dan pekerjaan,
(7). Setia terhadap harkat dan martabat manusia.
6.  apa saja kemampuan pesonal guru menurut  Johnson (sebagaimana yang dikutip Anwar)?
Jawab : Johnson, sebagaimana dikutip Anwar, mengemukakan bahwa kemampuan personal guru mencakup :
(1). Penampilan sikap yang positif terhadap keseluuhan tugasnya sebagai guru, dan terhadap keseluruhan situasi pendidikan  beserta unsur-unsurnya,
(2). Pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai-nilai yang seyogianya dianut seorang guru,
(3). Kepribadian, nilai, sikap hidup ditampilkan dalam upaya untuk menjadikan dirinya sebagai panutan dan teladan bagi para siswanya.
7.  Apa indikator yang mencerminkan kompetensi kepribadian seorang guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian guru tercermin dari indikator (1). Sikap, dan (2). Keteladanan
8.       Apa fungsi kompetensi kepribadian guru?
Jawab : Fungsi kompetensi kepribadian guru adalah memberikan bimbingan dan suri teladan, secara bersama-sama mengembangkan kreativitas dan mengembangkitkan motif belajar serta dorongan untuk maju kepada anak didik.
9.       Sebutkan tiga cerminan pribadi yang harus dimiliki seorang guru untuk meningkatkan kompetensi kepribadiannya?
Jawab : Untuk meningkatkan kompetensi, guru dituntut untuk menatap dirinya dan memahami konsep dirinya. Seorang guru harus mampu berkaca pada dirinya sendiri, bila ia berkaca ia akan melihat bukan satu  pribadi, tetapi ada tiga pribadi yaitu :
(1). Saya dengan konsep diri saya (self concept)
(2). Saya dengan ide saya (self idea)
(3). Saya dengan realita diri saya (self reality)
10. Apa saja kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru?
Jawab : Kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki guru antara lain :
(1). Guru sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa berkewajiban untuk meningkatkan iman dan ketakwaannya kepada Tuhan, sejalan dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Dalam hal ini guru mesti beragama dan taat dalam menjalankan ibadahnya.
(2). Guru memiliki kelebihan dibandingkan yang lain. Oleh karena itu perlu di kembangkan rasa percaya pada diri sendiri dan tanggung jawab bahwa ia memiliki potensi yang besar dalam bidang keguruan dan mampu untuk menyelesaaikan berbagai persoalan yang di hadapinya.
(3). Guru senantiasa berhadapan dengan  komunitas yang berbeda dan beragam keunikan dari peserta didik dan masyarakatnya maka guru perlu untuk mengembangkan sikap tenggang rasa dan toleransi dalam menyikapi perbedaan yang ditemuinya dalam berinteraksi dengan peserta didik maupun masyarakat.
(4). Guru diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam menumbuh kembangkan budaya berfikir kritis di masyarakat, saling menerima dalam perbedaan pendapat dan menyepakatinya untuk mencapai tujuan bersama maka dituntut seorang untuk bersikap demokratis dalam menyampaikan dan menerima gagasan-gagasan mengenai permasalahan yang ada di sekitarnya sehingga guru menjadi terbuka dan tidak menutup diri dari hal-hal yang berada dilur dirinya.
(5). Guru mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan pembaharuan, baik dalam bidang profesinya maupun dalam spesialisnya.

Tidak ada komentar: